Rabu, 01 Maret 2017

Keturunan Manusia Prasejarah ada di Kabupaten Kendal

Keturunan dari orang-orang Prasejarah ternyata ada yang di kabupaten kendal, ciri fisik mereka tidak jauh berbeda dengan orang jawa. orang-orang tersebut diberi nama Wong Kalang. 
Keberadaan wong kalang sendiri atau istilah kalang telah ditemukan dalam prasasti kuburan di daerah tegalsari, kawedanan Tegalharjo, kabupaten magelang yang tertulis tahun 753 saka atau 831 M. diduga keberadaanya ada sejak sebelum jawa memasuki zaman Hindu.

Sebarang Keturunan Prasejarah
Wong Kalang tersebar hampir diseluruh pulau jawa, Tahun 1743, jumlah orang Kalang di wilayah kekuasaan VOC mencapai 2.780 keluarga. Mereka tersebar di Surabaya (250 keluarga), Pasuruan (50), Pati (250), Demak 1.000, Pekalongan (800), Tegal (180), dan Kendal (250). Di luar itu, orang-orang Kalang juga bermukim di Cilacap, Adipala, Gombong, Ambal Karanganyar, Petanahan, Solo, Tulungagung dan Malang.

Wong kalang manusia prasejarah
Ilustrasi
Di Kabupaten Kendal, komunitas Kalang terkonsentrasi di tujuh desa dari tiga wilayah kecamatan, yakni Montongsari, Terataimulyo (Kecamatan Weleri), Lomansari,Poncorejo,Krompaan (Gemuh), Wonotenggang, serta Sendangdawuhan (Rowosari).

Umumnya kehidupan orang Kalang sangat teratur dan makmur. Banyak keturunan manusia prasejarah itu sukses jadi wiraswastawan. Keberadaan wong Kalang juga pernah tercatat dalam sejarah Kesultanan Mataram. Hingga tahun 2004, tercatat jumlah masyarakat Kalang mencapai 4.000 jiwa yang tinggal di Kabupaten Kendal. 

sumber :https://www.otonomi.co.id/ragam/wong-kayang-manusia-prasejarah-yang-tinggal-di-pulau-jawa-170228b.html

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +