Minggu, 29 Juli 2012

Kenapa Unta Tahan Haus Sepekan

Diantara kita mungkin ada yang bertanya kenapa unta bisa bertahan haus selama berhari-hari di padang pasir yang panas? Ada yang menganggap, unta menyimpan air di punuk (benjolan di punggungnya) sehingga bisa tahan haus. tapi bukan itu jawabanya.

Unta mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum selama delapan hari pada temperatur 50 derajat Celcius. Dalam masa ini, ia akan kehilangan 22% dari seluruh berat tubuhnya. Manusia dapat mati jika kehilangan air dalam tubuhnya sebanyak 12% dari berat badannya, akan tetapi seekor Unta kurus mampu tetap hidup, meski 40 %  cairan tubuh dari beratnya telah hilang.

salah satu alasan mengapa unta mampu menahan rasa haus selama berhari-hari adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan untuk menaikan suhu internal tubuhnya hingga 41 derajat celcius. dengan cara ini hewan tersebut dapat menekan berkurangnya jumlah air hingga batas minimum pada temperatur paling panas pada siang hari di gurun pasir. Unta juga bisa menurunkan suhu internalnya hingga 30 derajat celcius di gurun dengan temperatur sejuk di malam hari.

Dalam waktu sekitar 10 menit, unta mampu meminum air hingga 130 liter, jumlah yang kurang lebih sepertiga berat tubuhnya. Di samping itu, unta memiliki struktur berlendir dalam hidungnya dengan ukuran 100 kali lebih besar dari yang ada pada manusia. Hal ini memungkinkan unta mendapatkan 66% uap air yang tekandung di udara.

Sebagian besar binatang akan mati keracunan, akan tetapi unta mampu memaksimalkan penggunaan air dan zat-zat makanan dengan cara mengalirkan urea berulang-ulang ke liver. Sturktur darah dan sel unta sangat unik dan khas.

sumber artikel : wawasan, minggu 29 Juli 2012

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +